Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong bank pemerintah mempercepat penyaluran kredit usaha rakyat untuk mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat.

"Saya mendorong bank penyalur dana KUR untuk mempercepat proses bantuan permodalan bagi UMKM agar segera dapat dikembangkan oleh penerimanya," kata Asisten Sekda Kabupaten Bangka Bidang Adminitrasi Umum, Ahkmad Mukhsin di Sungailiat, Senin.

Dana permodalan dari pemerintah yang disalurkan melalui bank yang ditunjuk kata dia, diharapkan  oleh pelaku UMKM di Kabupaten Bangka guna menunjang pengembangan usahanya.

"Saya ingatkan masyarakat atau pelaku UMKM yang menerima bantuan permodalaan, hendaknya dapat mematuhi ketentuan seperti angsuran tepat waktu serta dipergunakan sesuai kebutuhan usahanya," katanya.

Dia mengatakan, pelaku UMKM di Kabupaten Bangka yang tersebar di semua wilayah kecamatan mencapai ratusan orang dengan berbagai jenis usaha.

Sementara itu Kepala Cabang Bank SumselBabel, Solikin Syamsudin mengatakan persyaratan pengajuan pinjaman dana KUR cukup sederhana dan mudah yakni melengkapi persyaratan dokumen administrasi.

"Pelaku UMKM yang mengusulkan permodalan cukup melampirkan identitas kependudukan, kartu keluarga dan dokumen yang dibutuhkan serta membuktikan dengan kegiatan usahanya," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020