Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan daya jangkau layanan armada perpustakaan keliling hingga pelosok.

"Kami berharap layanan armada perpustakaan keliling (perpusling) ini mampu meningkatkan minat baca masyarakat, terutama para pelajar yang membutuhkan buku berkualitas," kata pustakawan Kabupaten Bangka Barat Karlena Yulia di Mentok, Selasa.

Menurut dia, armada perpusling merupakan salah satu layanan yang diberikan pemerintah daerah kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari gedung perpustakaan.

Armada perpusling rutin melaksanakan kunjungan hingga pelosok sebagai salah satu upaya pemerataan layanan informasi dan bahan bacaan kepada masyarakat sekaligus memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan bahan bacaan berkualitas.

"Setiap berkeliling, armada itu selalu melakukan persiapan terlebih dahulu dan melengkapi bahan bacaan yang disesuaikan dengan kebutuhan pemustaka," katanya.

Selain datang langsung ke tempat atau lokasi yang biasa menjadi titik kumpul warga, armada perpusling juga mendatangi sekolah-sekolah.

"Terakhir kami datangi SMP Negeri 5 Simpangteritip yang berlokasi di Desa Rajek, sambutan anak-anak di lokasi itu cukup antusias dan banyak yang memanfaatkan kehadiran perpusling untuk memanfaatkan bahan bacaan," katanya.

Melihat antusiasme para siswa, pihak sekolah meminta agar jadwal kunjungan perpusling ke sekolah itu lebih sering lagi.

Pada kesempatan itu, para petugas juga sekaligus memberikan pemantauan dan pembinaan terhadap pengurus perpustakaan SMP N 5 Simpangteritip yang saat ini sudah memanfaatkan bangunan baru.

"Kami anjurkan kepada pengelola untuk mengelola kembali bahan pustaka yang ada agar mudah dan nyaman dimanfaatkan pengunjung," demikian Karlena Yulia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020