Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, turut menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Gita Bahana Nusantara (GBN) 2020, yang digelar oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Rakor ini bertujuan untuk membahas pelaksanaan kegiatan GBN dan Petunjuk Teknis (Juknis) GBN 2020 pada peringatan detik-detik Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75 di istana negara," kata Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Engkus Kuswenda diwakili Kepala Seksi, Kesenian, M.Syaifudin Zuhri, di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, usulan perubahan jadwal pelaksanaan audisi peserta GBN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang semula dijadwalkan Pemerintah Pusat pada bulan April 2020, dikarenakan mendekati dan bersamaan dengan bulan Ramadhan, maka diundur pelaksanaan audisi GBN tingkat Provinsi Babel pada bulan Juni 2020 mendatang.

Perubahan jadwal audisi GBN tingkat Provinsi Babel telah disetujui oleh Panitia Pusat, sehingga audisi GBN se-Babel akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2020 mendatang. Hal ini juga diikuti oleh Pemda lain mengajukan usulan yang sama.

Panitia Pusat menjelaskan bahwa perwakilan peserta masing-masing  provinsi akan menjalani pemusatan latihan mulai tanggal 1 hingga 19 Agustus 2020, dengan rencana pagelaran yakni, pertama, gelar perdana 14 Agustus.

Kedua, gladi bersih 15 Agustus, ketiga, penampilan di sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di gedung nusantara DPR 16 Agustus.

Keempat, penampilan di peringatan detik-detik proklamasi HUT RI ke-75 di Istana Negara 17 Agustus dan yang kelima, penampilan di gedung  nusantara DPR pada peringatan hari konstitusi, 18 Agustus 2020 mendatang.

Rakor selama satu hari ini, dihadiri 31 perwakilan provinsi se-Indonesia. Kegiatan rakor dibuka oleh Kepala Biro pengelola istana negara, Uti yang didampingi oleh Dirjen Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Restu Gunawan dan musisi, Purwatjaraka.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020