Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membagikan sebanyak 3.000 kartu tani untuk para petani di tiga kecamatan.

"Sebanyak 3.000 kartu tani itu kami bagikan kepada petani di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Koba, Lubuk Besar dan Kecamatan Namang," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, tidak semua petani yang diusulkan bisa mendapat kartu tani dan guna mendapat kartu tani maka petani harus memenuhi beberapa syarat.

“Pengajuan mengacu sejumlah persyaratan, salah satunya, petani tidak memiliki luas lahan lebih dari dua hektare dan NIK-nya jelas,” ujarnya.

Ia mengatakan, pengajuan juga harus didasarkan pada jumlah Rancangan Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang dimasukkan ke sistem Kementan.

"Sistem tersebut akan diakses lembaga perbankan sebagai pihak yang bekerja sama dengan pemerintah dalam program Kartu Tani," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk mendapat kartu tani harus menjalani rangkaian proses agar bantuan subsidi pupuk benar-benar tepat sasaran.

"Persyaratan utama mendapat Kartu Tani adalah, petani harus tergabung dalam kelompok tani," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020