Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan meningkatkan fasilitas pendukung di kawasan dermaga tambatan perahu nelayan Desa Batu Beriga.

"Fasilitas di kawasan dermaga tambatan perahu nelayan itu akan kami tingkatkan, juga sedang mempersiapkan desain terkait rencana penambahan bentangan dermaga," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan, di antara fasilitas pendukung yang akan dibangun dan dipersiapkan adalah rumah singgah nelayan, panjang dermaga ditambah sekitar 50 meter dan akan merevitalisasi kawasan di sekitar dermaga untuk dijadikan objek wisata.

"Konsepnya nanti perpaduan dermaga tambatan perahu dengan sektor kepariwisataan, sehingga roda perekonomian lebih hidup," ujarnya.

Ia menjelaskan, dermaga tambatan perahu Desa Beriga sangat potensial dikembangkan menjadi objek wisata karena kondisi alam pantai di sekitar yang sangat menarik.

"Kita hanya tinggal meningkatkan fasilitas pendukung, termasuk juga menambah panjang bentangan dermaga sepanjang 50 meter ke depan," ujarnya.

Ia mengatakan, kawasan dermaga tersebut akan dijadikan objek wisata lebih unik dengan suguhan yang berbeda dibanding objek wisata lainnya.

"Kami jadikan kawasan wisata dermaga, dimana para wisatawan sambil berwisata bisa melihat aktivitas para nelayan dan mencicipi aneka kuliner yang bahan bakunya dari ikan segar," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah memerlukan teknologi dan desain yang lebih baik untuk memadukan kawasan wisata dengan dermaga tambatan perahu nelayan.

"Tentu kami akan mengusulkan kepada pemerintah provinsi untuk pengembangan kawasan dermaga tersebut, karena itu kewenangan mereka," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020