Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan membentuk gugus depan dalam rangka kesiapsiagaan dan penanganan corona sesuai Peraturan Presiden Tahun 2020.

"Saya sudah memerintahkan Sekda hari ini untuk segera melakukan rapat dengan OPD terkait untuk membentuk gugus depan tersebut," kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen), Senin.

Selain itu, wali kota juga mengimbau kepada seluruh ASN untuk mengurangi pertemuan-pertemuan yang sifatnya berkumpul dengan orang banyak.

Baca juga: Pemkot Pangkalpinang liburkan sekolah selama 14 hari

Sementara untuk yang sudah telaksana seperti kegiatan MTQ pada hari ini, diimbau kepada tim kesehatan untuk siap siaga dalam penanganannya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Nanti tim kesehatannya saat dilokasi agar memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa pelaksanaan MTQ ini aman," ujarnya.

Baca juga: Cegah COVID-19, Bupati Belitung keluarkan instruksi liburkan sekolah (Video)

Selain itu kata Dia, untuk kegiatan dinas luar yang tidak penting atau perjalanan dinas yang benar-benar tidak harus diikuti diminta untuk dihentikan dahulu.

"Kita fokus dulu di dalam rumah, semua ini dilakukan karena kita berharap di Pangkalpinang khususnya dan Babel umumnya tidak tersebar atau terpapar virus corona ini," katanya.

Ia juga mengimbau kepada OPD terkait untuk terus memonitor pintu masuk ke Pangkalpinang, seperti pelabuhan dan bandar udara.

"Tingkatkan kerjasama dengan pihak pelabuhan dan bandara untuk bersama-sama dan siap siaga dalam penanganan virus corona ini. Kita jangan panik, namun harus tetap waspada," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020