Bupati Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yuslih Ihza, meminta seluruh pengelola fasilitas publik menyediakan cairan antiseptik.

"Seluruh pengelola kami minta kerjasamanya sadar akan kesehatan dan bahaya yang ada, maka lakukan upaya pencegahan, terutama menyediakan cairan antiseptik," ujarnya di Manggar, Kamis.

Ia menjelaskan, berbagai fasilitas publik yang wajib menyediakan antiseptik adalah hotel, pengelola wisma, kos, objek wisata, rumah sakit, pasar, tempat ibadah dan tempat umum lainnya.

"Selama 14 hari ke depan pemerintah daerah juga akan melakukan gerakan bersama membersihkan lingkungan sebagai langkah pencegahan," ujarnya.

Ia juga meminta, para tenaga medis, baik di rumah sakit maupun di puskesmas, untuk proaktif mendata dan mengecek kondisi kesehatan warga.

"Lakukan langkah sosialisasi, lakukan pengecekan suhu tubuh semua warga untuk melokalisasi dan memetakan titik rawan penyebaran COVID-19," ujarnya.

Yuslih juga mengimbau masyarakat tidak terlalu panik menyikapi kondisi yang ada, sehingga bisa lebih tepat dan cepat dalam melakukan antisipasi.

"Jika kondisi tubuh kurang sehat, jangan biarkan berada di rumah segera datang ke pusat kesehatan terdekat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020