Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan permodalan kepada dua unit koperasi agar lembaga tersebut semakin berkembang dan mampu menyejahterakan anggotanya.

"Pemerintah pada tahun ini menyalurkan bantuan sebesar Rp100 juta yang dihibahkan kepada dua unit koperasi, masing-masing mendapatkan modal usaha senilai Rp50 juta," ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Bangka Barat Heru Warsito di Muntok, Kamis.

Ia menjelaskan dua unit koperasi yang mendapatkan pembiayaan modal tersebut masing-masing Koperasi Sinar Karya dan Koperasi Monita.

Menurutnya, bantuan permodalan usaha tersebut disalurkan berdasarkan kebutuhan lembaga dan keseriusan pengurus dalam mengembangkan koperasi.

"Kami harapkan bantuan ini semakin memotivasi pengurus dalam mengembangkan koperasi sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh para anggota dalam mengembangkan usaha," ujarnya.

Ia mengatakan, ke depan diharapkan para pengurus koperasi semakin termotivasi dalam membantu para anggota terkait bidang usaha yang dijalankan sehingga usaha kecil semakin tumbuh.

"Nanti pasti ada perhatian dari pemerintah jika koperasi berjalan dengan baik, baik perhatian berupa penghargaan maupun bantuan modal usaha, yang pasti pemkab selama ini selalu berupaya agar koperasi terus aktif menjalankan usahanya dalam membantu anggota," katanya.

Terkait jumlah kopetasi yang terdaftar di Disperindagkop dan UKM Kabupaten Bangka Barat, katanya sampai akhir 2013 tercatat sebanyak 82 unit koperasi yang tersebar di seluruh enam kecamatan di daerah itu, sebagian besar berupa koperasi simpan pinjam.

"Tahun ini bertambah sebanyak tujuh unit koperasi, kami harapkan ke depan semakin banyak dan terbentuk di seluruh desa/kelurahan dengan usaha sesuai kebutuhan warga setempat," kata dia.

Menurut dia, selama ini koperasi sudah berhasil dalam upaya mengungkit ekonomi masyarakat melalui bantuan yang diberikan, berupa permodalan usaha, pemasaran, penyediaan barang dan bantuan dalam bentuk lain kepada para anggotanya.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014