Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengajak para jurnalis untuk lebih roporsional dan profesional dalam penyebaran informasi pencegahan penyebaran virus COVID-19 di masyarakat daerah itu.

"Saya mengajak para jurnalis baik di media massa pemerintah maupun swasta untuk saling bahu-membahu mengamankan daerah ini dengan memberikan pemberitaan yang proporsional dan profesional," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan dalam menghadapi kondisi ini, berbagai pemberitaan terkait Covid-19 harus terus-menerus disampaikan di berbagai media massa, agar mampu menggiring pemikiran positif masyarakat dalam menghadapi virus tersebut.

"Kita sedang menghadapi situasi luar biasa. Dalam keadaan seperti ini, opini publik dapat dengan mudah bergulir. Kita lah yang harus peduli untuk menjaga kestabilannya. Saya yakin para jurnalis di Bangka Belitung dapat mengimplementasikan tugasnya dengan profesional," ujarnya.

Menurut dia tidak hanya berita yang dapat dipastikan kevalidannya, berita bohong atau hoakspun banyak disebarkan untuk memperkeruh suasana. Tugas sebagai jurnalis memikul tanggung jawab yang besar dalam memproyeksikan kerja pemerintah.

"Saya memahami bahwa menjadi seorang jurnalis bukan perkara sepele. Mereka menyampaikan berbagai kebijakan pemerintah kepada masyarakat dan harus dipastikan bahwa apa yang disampaikan itu benar sesuai dengan kebijakan dimaksud. Dengan demikian masyarakat bisa tahu apa yang dikerjakan oleh Pemerintah," katanya.

Baca juga: Pemprov Babel perketat pengamanan bandara jelang Cheng Beng

Ia berharap para jurnalis terus menjaga kredibilitasnya demi tujuan mulia.

“Saya harap semua jurnalis yang ada di Bangka Belitung ini dapat menjaga kredibilitasnya dan saya percaya itu. Ini semua demi tujuan yang mulia. Kita harus optimis bahwa apapun profesi kita, kita mampu memberikan kontribusi positif bagi Bangka Belitung. Situasi saat ini adalah salah satu tahapan proses pembelajaran bagi kita semua," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020