Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan penyemprotan disinfektan besar-besaran guna memutus mata rantai penyebaran virus corona baru atau COVID-19 di daerah itu.

"Kegiatan ini diinisiasi dari Polri mengajak Pemerintah Daerah melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak di seluruh Indonesia," kata Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, kegiatan merupakan upaya untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa semua elemen telah
bergerak untuk menjaga masyarakat tetap bebas dari penyebaran virus COVID-19.

Terlebih, kata dia, di Kabupaten Belitung saat ini telah ada satu kasus positif virus corona baru atau COVID-19 sehingga mata rantai penyebarannya harus segera diputus.

"Maka dari itu mata rantai penyebarannya perlu kita putus dengan upaya yang lebih kuat lagi," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah mengimbau para Lurah dan Kepala Desa di wilayah itu untuk melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungannha secara mandiri.

"Mereka bisa untuk menggunakan anggaran yang mereka miliki untuk melakukan penyemprotan di level mereka. Karena kalau kami tidak bisa menjangkau sampai ke bawah," katanya.

Sementara itu, Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiyono mengatakan, kegiatan penyemprotan tersebut diikuti oleh tim gabungan dan sukarelawan dengan menyisir jalan-jalan protokol dan fasilitas umum.

"Untuk penyemprotan hari ini serentak namun nanti ke depannya akan terus kami lakukan penyemprotan berkala," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020