Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelorakan semangat melawan penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Melalui apel bersama yang dilanjutkan dengan gerakan serentak penyemprotan disinfektan di seluruh kecamatan ini merupakan salah satu bukti sinergisitas yang baik seluruh instansi untuk bersama-sama memerangi penyebaran COVID-19," kata Bupati Bangka Barat Markus di Mentok, Selasa.

Ia mengatakan, gerakan bersama dengan melibatkan Fokopimda, swasta, BUMN dan instansi terkait diyakini akan mampu memerangi penyebaran dan penularan virus berbahaya tersebut.

"Kami akan berusaha sekuat tenaga agar virus tersebut tidak masuk ke Bangka Barat, untuk itu kami minta dukungan dan semangat masyarakat untuk memerangi bencana itu agar tidak masuk ke wilayah Bangka Barat," katanya.

Usai menggelar apel di Lapangan Atletik Pemkab Bangka Barat, tim gabungan melanjutkan dengan penyemprotan di sejumlah jalan utama dan jalan kampung.

Tim gabungan yang terdiri dari Kepolisian, TNI, BUMD, PT Timah dan Pemkab Bangka Barat melakukan aksi penyemprotan menggunakan sejumlah armada, yaitu unit mobil pemadam kebakaran, armada pemecah massa dan mobil tanki.

Bersamaan dengan penyemprotan di sejumlah ruas jalan utama, Pasar Mentok dan fasilitas umum lainnya, tim juga melakukan penyemprotan di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok.

Pada kesempatan itu, Kapolres AKBP Muhammad Adenan mengatakan penyemprotan serentak tidak hanya dilaksanakan di Kecamatan Mentok, namun juga di seluruh kecamatan dengan mengerahkan para petugas di tingkat kecamatan dan jajaran polsek bersama TNI.

"Ini wujud kebersamaan dan sinergisitas kita untuk meminimalkan penyebaran COVID-19 di wilayah hukum Polres Bangka Barat," katanya.

Ia mengatakan, seluruh Polsek juga sudah diinstruksikan untuk melakukan penyemprotan, dengan menentukan titik penyemprotan masing-masing, berkoordinasi dengan Forkopimcam setempat.

Menurut dia, kegiatan dilakukan sesuai instruksi Kapolri No ST/868/III/KEP./2020 tentang Antisipasi perkembangan pandemik virus corona, yang memerintahkan penyemprotan disinfektan secara massal dan serentak dan maklumat Kapolri tentang Kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona.

"Ini dilakukan guna mendukung keselamatan masyarakat dengan dilakukan gerakan preventif secara masif dan serentak," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020