Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat Kota Pangkalpinang pada Maret 2020 mengalami deflasi sebesar 0,07 persen.

"Wabah COVID-19 tidak mempengaruhi inflasi, karena sebagian besar kelompok pengeluaran masyarakat mengalami penurunan," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel, Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan terjadi deflasi karena sebagian besar kelompok pengeluaran masyarakat mengalami penurunan, yaitu kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga turun 0,01 persen dan kelompok transportasi sebesar 1,46 persen.

Sementara, kelompok yang mengalami inflasi yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau 0,39 persen, pakaian dan alas kaki naik 0,01 persen, perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,1 persen dan kelompok perawatan pribadin dan jasa lainnya naik 0,7 persen.

"Kelompok kesehatan, informasi, komunikasi dan jasa keuangan, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya, pendidikan, dan kelompok penyediaan makanan dan minuman, restoran tidak mengalami perubahan indeks atau stabil," ujarnya.

Beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga pada Maret 2020, antara lain cabai merah, angkutan udara, sawi putih, pecay, ikan seminyak, daging babi, ikan tenggiri, kerisi, ekor kuning, ikan bulat dan ikan tongkol. Sementara komoditas yang mengalami penurunan harga antara lain sawi hijau, kangkung, bayam, ikan dencis, kacang panjang, ikan singkur, nanas, terong, bawang putih, dan ikan manyung.

"Dari 11 kelompok pengeluaran, lima kelompok memberikan sumbangan inflasi, dua memberikan sumbangan deflasi dan 4 kelompok pengeluaran lainnya tidak mengalami perubahan indeks," katanya.

Ia menambahkan, tingkat inflasi tahun kalender Maret 2020 tercatat sebesar 0,34 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Maret 2020 terhadap Maret 2019) sebesar 1,94 persen.

"Kita berharap pandemi COVID-19 ini tidak mengakibatkan inflasi tinggi yang akan memberatkan ekonomi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020