Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan sekitar 2,5 ton daging sapi dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat setempat selama Ramadhan dan Idul Fitri.

"Sejumlah sapi sudah kami siapkan di rumah potong hewan, total beratnya sekitar 2,5 ton dan itu untuk memenuhi kebutuhan daging Ramadhan dan Idul Fitri," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Belitung Timur Hamali di Manggar, Sabtu.

Ia juga mengatakan bahwa daging tersebut juga bisa didistribusikan untuk menghadapi masa darurat COVID-19 jika diperlukan.

"Peruntukannya memang dalam rangka menyongsong Ramadhan dan Idul Fitri, namun bisa digunakan untuk kepentingan yang mendesak dan darurat," ujarnya.

Ia mengatakan sapi potong di daerah itu sebagian didatangkan dari luar daerah setempat dan ada juga dari para peternak di Kabupaten Belitung Timur.

"Jenis sapi yang disediakan adalah sapi Brahma dengan berat per ekor 500 kilogram, kondisi yang ideal dan sehat," ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah daerah tetap berupaya menambah jumlah daging sapi untuk memenuhi konsumsi masyarakat jika stok yang ada sekarang masih kurang.

"Untuk sementara kita sediakan 2,5 ton, namun diupayakan ditambah jika konsumsi daging sapi melonjak tajam," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020