Wakil Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie mengapresiasi peran "Kartini" atau tenaga medis perempuan yang telah berjuang di garda terdepan ditengah situasi pandemi COVID-19 sekarang ini.

"Mereka (tenaga medis perempuan) adalah "Kartini" ditengah pandemi corona jadi kita harus bisa mengambil makna dan inspirasi karena setiap zaman ada pemimpinnya setiap zaman ada inspiratornya," katanya di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, perempuan selalu memposisikan diri mereka sebagai sumber inspirasi dan sumber kekuatan maka ditengah pandemi COVID-19 ini perempuan mengambil posisi yang sangat penting.

"Bagi mereka di garda depan penanganan COVID-19 seperti dokter dan perawat justru kebanyakan dari perempuan mereka yang paling sabar dan telaten merawat pasien COVID-19," ujarnya.

Ia menambahkan, Pemkab Belitung telah menyediakan fasilitas hotel sebagai rumah singgah bagi tenaga medis sehingga dapat meminimalisir potensi membawa virus ke rumahnya.

"Kita juga ingin menjaga mereka dari keluarganya kami nanti akan kerja sama dengan provider memberikan tambahan kuota jadi mereka bisa "video call" dengan keluarga menghilangkan rasa bosan dan menjembatani rasa rindu," katanya.

Ia berharap, di momentum hari Kartini 21 April 2020 perempuan Indonesia tetap menjadi inspirasi dan sumber kekuatan bagi laki-laki dan keluarga terutama ditengah kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini.

"Ibu-ibu dan perempuan Indonesia adalah perempuan yang sangat tangguh untuk sekarang ini karena mereka menghadapi situasi seperti zaman kemerdekaan dulu kalau dulu perang melawan penjajah sekarang melawan situasi yang tidak terlihat dan tidak tahu kapan berakhir," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020