Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan melaksanakan rukyatul hilal 1 Ramadhan 1441 Hijriah di kawasan wisata pantai Tanjung Pendam.

"Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan tiga lokasi pemantauan hilal dan salah satunya adalah di pantai Tanjung Pendam Belitung," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Masdar Nawawi di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, pelaksanaan rukyatul hilal nantinya tetap memperhatikan protokol kesehatan penaganan COVID-19, sebagaimana diatur dalam Surat Direktur Urusan Agama Islam Kemenag RI Nomor: BIM.1014/Dt.III.I/HK.03.2/04/2020 perihal Rukyatul Hilal awal Ramadhan dan Syawal 1441 Hijriah.

"Jumlah undangan tetap kita batasi dan menyesuaikan dengan prosedur protokol kesehatan serta menjaga jarak antara area perukyat dan area undangan di batasi dengan batas yang jelas kemudian di tempat rukyat disediakan sabun pencuci tangan disinfektan," ujarnya.

Kemudian sebelum memasuki area rukyatul hilal semua tamu akan diukur suhu tubuhnya dengan menggunakan masker setiap satu orang menggunakan satu intrumen teleskop, theodolid, dan kamera.

"Bagi petugas yang merasa tidak sehat tidak boleh mengikuti kegiatan rukyatul hilal," katanya.

Ia berharap, pelaksanaan rukyatul hilal dapat berjalan lancar dengan didukung cuaca yang cerah.

"Posisi hilal bisa terlihat karena untuk melihat hilal posisi bulan tersebut harus 2 derajat diatas matahari," ujarnya.

Masdar menyebutkan, hasil rukyatul hilal di lokasi tersebut nantinya akan langsung di laporkan ke tim rukyatul hilal Bidang Bimas Islam Kantor Wilayah Kementeria Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Untuk diteruskan ke Tim Rukyatul Hilal Kementerian Agama RI di Jakarta sebagai salah satu masukan dari 82 lokasi pantauan dan digunakan Menteri Agama RI untuk mengumumkan dqn menentukan jatuhnya awal Ramadhan 1441 Hijriah," katanya.










 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020