Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh mengedukasi masyarakat di daerah itu untuk menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah guna menekan penyebaran virus corona baru atau COVID-19.

"Banyak masyarakat yang belum menggunakan masker jadi kesadaran masyarakat masih rendah," katanya usai membagikan masker kepada pengendara di Tanjung Pandan, Kamis.

Ia menyayangkan, masih rendahnya kesadaran masyarakat di daerah itu dalam menggunakan masker, padahal disatu sisi wabah virus corona baru atau COVID-19 terus mengamcam.

"Jadi kesadaran masyarakat masih rendah ini memang tugas berat kami untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar menggunakan masker," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Belitung mewajibkan masyarakat di daerah itu menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, pihaknya juga menegaskan akan menggelar razia dan menindak masyarakat yang tidak mengindahkan aturan tersebut.

Namun di tengah rendahnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker pihaknya akan terus mengedukasi masyarakat dengan turun langsung ke masyarakat dari rumah ke rumah.

"Dari tim gugus tugas semua pemangku kepentingan baik perangkat Kelurahan, Desa, RT dan RW dan unsut TNI/Polri turun dari rumah ke rumah mengimbau masyarakat menggunakan masker," katanya.

Ia mengajak, masyarakat untuk tidak meremehkan penyebaran COVID -19 dengan tidak mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

"Menggunakan masker saja masih meremehkan bagaimana dengan SOP lainnya seperti memcuci tangan, duduk tidak berdekatan masih jauh pemahamannya," ujar Bupati.
 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020