Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mempercepat pencairan dan penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di saat pandemi COVID-19.

"Kita akan upayakan penyaluran PKH dipercepat, untuk membantu warga yang terdampak akibat mewabahnya virus COVID-19," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Belitung Timur Ida Lismawati di Manggar, Ibu Kota Kabupaten Belitung Timur, Minggu.

Ia menjelaskan, biasanya tiap tahun bantuan PKH bagi keluarga sasaran disalurkan secara bertahap dan merata ke setiap kecamatan.

"Tahun ini kita berupaya bantuan PKH lebih dipercepat dan secara rutin, sehingga mampu mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan, masyarakat yang menerima bantuan PKH tersebut adala lansia, ibu hamil, disabilitas, anak usia dini dan kalangan pelajar dari semua tingkatan.

"Pemerintah daerah sudah menyiapkan dana penanggulangan COVID-19, tidak hanya untuk bidang kesehatan tetapi juga kesejahteraan sosial dan ekonomi keluarga," katanya.

Ia mengatakan musibah COVID-19 tidak hanya persoalan kesehatan tetapi juga berdampak kepada bidang sosial dan ekonomi masyarakat.

"Kehidupan sosial dan ekonomi warga juga menjadi bagian dari fokus kami, selain mengatasi persoalan kesehatan," demikian Ida Lismawati.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020