Pangkalpinang (Antara Babel) - Stok bawang putih di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung cukup untuk memenuhi permintaan warga karena pasokan dari luar daerah lancar.

"Saat ini persedian bawang putih cukup dan harga stabil, sedangkan permintaan masih normal," kata seorang pedagang, Netri di Pangkalpinang, Senin.

Ia menjelaskan, saat ini harga bawang putih bertahan Rp14 ribu per kilogram, bawang merah Rp20 ribu per kilogram, cabai rawit hijau Rp34 ribu per kilogram dan cabai rawit merah Rp26 ribu per kilogram.

"Selain stok bawang putih, stok bawang merah, cabai rawit hijau dan merah juga mencukupi untuk memenuhi permintaan konsumen sehingga warga tidak perlu khawatir terhadap kenaikan harga," ujarnya.

Menurut dia, pasokan yang datang dari Pulau Jawa dan Sumatera masih lancar meskipun kemarau dan kabut asap sedang terjadi di beberapa daerah.

"Kemarau panjang dan kabut asap yang melanda di beberapa daerah tidak mempengaruhi pasokan yang mereka kirim sehingga stok tetap tersedia," katanya.

Demikian juga dengan Andi, seorang pedagang lainnya yang mengakui bahwa stok bawang putih cukup dan pasokan dari luar daerah lancar.

Menurut dia, kabut asap yang telah sampai hingga ke perairan di daerah ini belum mengganggu kapal-kapal yang hendak berlayar.

"Kabut asap yang ada disekitar perairan masih tipis sehingga kapal-kapal masih dapat berlayar. Rata-rata pedagang mengirim barang melalui jasa angkutan laut karena biayanya lebih murah dibanding jasa angkutan udara," ujarnya.

Pewarta: Pewarta: Mulki

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014