Sebanyak enam petugas kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Marsidi Judono, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, diisolasi di rumah sakit setempat setelah hasil pemeriksaan cepat COVID-19 dinyatakan reaktif.

"Seluruh pasien ODP rapid test adalah petugas kesehatan RSUD Belitung dan telah dilakukan pemeriksaan lanjut swab tenggorokan untuk uji PCR," kata Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, dr. Hendra, Sp.An di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, tim laboratorium medis RSUD Marsidi Judono Belitung sebelumnya telah melakukan uji cepat atau rapid test terhadap 100 Orang Tanpa Gejala (OTG) dari empat klaster pasien positif COVID-19 di daerah itu.

Baca juga: Pemkab Bangka akan bubarkan shalat berjamaah di masjid

Baca juga: Pemkab Bangka akan isolasi belasan lebih jamaah masjid

"Dari hasil tersebut didapati enam ODP dengan hasil reaktif seluruh pasien ODP dengan reaktif adalah petugas kesehatan RSUD Belitung," ujarnya.

Hendra menambahkan, saat ini keenam OTG reaktif tersebut sudah diisolasi di RSUD Marsidi Judono Belitung, sambil menunggu hasil swab PCR untuk menentukan status pasien tersebut dan penatalaksanaan selanjutnya.

"Mereka saat ini dalam keadaan sehat dan tanpa gejala sama sekali," katanya.

Menurut dia saat ini RSUD Marsidi Judono Belitung telah menangani sebanyak 627 pasien terkait COVID-19 terdiri dari empat pasien positif COVID-19 dan satu telah dinyatakan sembuh, 23 PDP, 106 ODP, dan 494 OTG.

"Demikian disampaikan agar masyarakat tetap tenang tidak panik, tidak waspada dan kendur dalam menjalankan instruksi untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19," ujarnya.
 

Pewarta: Aprilliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020