Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendirikan dapur umum untuk membantu menyediakan makanan bagi warga kurang mampu di Mentok.

"Inisiatif ini merupakan salah satu bentuk kepedulian para anggota pramuka terhadap kebutuhan warga di sekitar, kami berharap kegiatan ini bermanfaat dan tepat sasaran," kata Andalan Cabang Urusan Bina Muda Kwarcab Bangka Barat Trio Sutiyo di Mentok, Sabtu.

Dapur umum yang didirikan di kawasan gedung bekas bengkel PT Timah Tbk di pusat Kota Mentok tersebut, patut mendapatkan apresiasi seluruh pihak karena dinilai bermanfaat bagi warga yang membutuhkan makanan di daerah itu.

"Perkembangan semakin banyak orang membutuhkan bantuan, mendorong kami untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat, akhirnya kami memutuskan untuk membentuk dapur umum yang menyediakan paket nasi bungkus siap santap," katanya.

Sebagai langkah awal, para anggota pramuka yang tergabung dalam kegiatan itu memasak sekitar 100 paket nasi bungkus beserta lauk pauk yang kemudian dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

"Selama puasa Ramadhan ini kami usahakan setiap hari minimal 100 bungkus dan maksimal 500 bungkus, setelah selesai akan didistribusikan ke warga yang membutuhkan," katanya.

Para anggota pramuka setempat juga melakukan bakti sosial secara berkala dengan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat dan fasilitas umum di daerah itu.

Ia mengatakan kegiatan Pramuka Peduli itu sudah berlangsung sejak awal April 2020 yang diisi dengan berbagai kegiatan sosial di Kecamatan Mentok, Simpangteritip, Jebus, dan Parittiga.

"Kegiatan dapur umum ini bisa terlaksana berkat bantuan kawan-kawan SiJum Babel dan Pasukan Amal Sholeh Babel, bagi warga yang ingin berpartisipasi bisa berdonasi dengan menghubungi nomor telepon 08117118177," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020