Bupati Belitung, Sahani Saleh melepas kepulangan pasien sembuh dari virus corona baru atau COVID-19 setelah menjalani masa karantina transisi penyembuhan selama 14 hari.

"Dengan adanya pasien sembuh ini kami sangat bersyukur artinya penanganan kita dalam hal ini sudah cukup bagus," katanya di Tanjung Pandan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyerahkan piagam penghargaan atas kesembuhan pasien tersebut dan bingkisan paket sembako.

Sebelumnya pasien tersebut menjalani perawatan selama sembilan hari di Rumah Sakit rujukan COVID-19 usai dinyatakan positif COVID-19 dan telah menjalani karantina transisi masa penyembuhan selama 14 hari.

Dia mengapresiasi peran semua pihak dalam merawat dan memberikan dukungan terhadap kesembuhan pasien tersebut mulai dari tenaga medis, Gugus Tugas COVID-19 dan Dinas Kesehatan setempat, relawan serta seluruh komponen yang telah berjuang bersama-sama.

"Ini adalah tugas bersama jadi untuk seluruhnya yang telah peduli dan bersama-sama berbuat untuk menangani COVID-19 ini," ujarnya.

Ia berharap, kepulangan pasien tersebut dapat diterima dengan sebaik-baiknya ketika kembali ke masyarakat, sebab pasien tersebut telah dinyatakan benar-benar sembuh dari COVID-19 ditandai juga dengan surat keterangan sehat.

"Kalau sudah dikeluarkan surat keterangan sehat tersebut artinya telah benar-benar pulih dan masyarakat jangan ada yang khawatir," katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, dr.Hendra Sp, An di Tanjung Pandan mengatakan sebelum dipulangkan ke rumah pasien tersebut terlebih dahulu menjalani isolasi transisi penyembuhan selama 14 hari.

"Tujuannya adalah kami memastikan bahwa pasien yang sembuh ini telah benar-benar layak dia tidak ada gejala apapun atau reinfeksi kalau ada gejala baru kami cepat tangani dan deteksi apakah dari COVID-19 atau penyakit yang lain," ujarnya.

Ia berharap, masyarakat dapat menerima kepulangan pasien tersebut dan tidak ada rasa kekhawatiran lagi.

"Jadi kami betul-betul yakin dan masyarakat juga bisa menerika ketika dipulangkan," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020