Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggulirkan program stimulan perumahan swadaya (SPS), untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan hunian yang lebih layak.

"Ini program dari Kementerian PUPR yang diteruskan ke daerah dan di Bangka Tengah tercatat sebanyak 350 warga yang menjadi sasaran dari program ini," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat menghadiri penyaluran dana SPS di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan,  program tersebut untuk membantu merenovasi bangunan rumah masyarakat agar mendapatkan hunian yang nyaman sehingga dapat menyejahterakan masyarakat.

"Pemerintah daerah membantu merenovasi rumah warga dengan menyiapkan material bangunan upah pekerja senilai Rp17.500.000," ujarnya.

Ia menjelaskan, penyaluran bantuan tersebut bekerjasama dengan SNVT Penyediaan Perumahan dan Bank Mandiri sebagai lembaga perbankan penjamin dana.

"Percepatan program Kementerian PUPR tentang peningkatan kualitas rumah masyarakat dengan sasaran 350 warga ini dilaksanakan mulai 4 hingga 8 Mei 2020," ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat yang menjadi sasaran dari program ini sudah melalui proses verifikasi dan seleksi dari dinas terkait.

"Dalam kegiatan yang dilangsungkan ke Desa-desa ini pula dilakukan sembari langsung membuka tabungan Bank Mandiri dimana nantinya dana tersebut akan disalurkan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020