Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan seluruh desa di Kecamatan Mentok telah selesai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama.

"Untuk tahap pertama sudah disalurkan semua di empat desa di Kecamatan Mentok, yaitu Desa Airbelo, Airlimau, Belolaut dan Airputih," kata Camat Mentok, Sukandi di Mentok, Minggu.

Menurut dia, BLT-DD sebesar Rp600.000 per bulan selama tiga bulan berturut-turut mulai April 2020 merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah dalam membantu warga membutuhkan akibat dampak pandemi coronavirus disease (COVID-19).

"Kami berharap bantuan bisa bermanfaat dan tepat sasaran kepada penerima yang benar-benar berhak," katanya.

Ia mengingatkan kepada seluruh perangkat pemerintah desa agar teliti dalam pendataan penerima manfaat agar tidak tumpang tindih data dengan penerima bantuan lain yang saat ini sedang disalurkan.

Sukandi mengatakan, bantuan sosial dari Dinas Sosial dan Pemdes Kabupaten Bangka Barat berupa bahan pangan pokok juga sedang dalam proses penyaluran.

"Penerima BLT-DD tidak diizinkan menerima bantuan lain, seperti bantuan sosial, program keluarga harapan dan program lainnya, jangan sampai tumpang tindih," katanya.

Ia berharap berbagai bantuan yang sudah dan sedang dalam proses penyaluran dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga penerima guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari hingga beberapa bulan ke depan.

Masyarakat juga diingatkan agar menaati aturan kesehatan yang sudah diterbitkan pemerintah agar bisa bersama-sama membantu memutus mata rantai penyebaran virus.

"Dengan peran warga disiplin menjalankan aturan kesehatan kita berharap wabah segera berakhir dan bisa melakukan aktivitas seperti semula," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020