Mantan Kapolres Bangka, Provinsi Kepulauan AKBP Aris sulistyono SH. MH, diketahui selama kepemimpin daerah itu  telah berhasil membuat terobosan kreatif pendekatan ke masyarakat dan inovasi layanan publik dan wujudkan 11 program non IT.

"Kreativitas  pendekatan ke masyarakat dan inovasi layanan publik tersebut saya lakukan untuk menuju zona integritas mencapai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)," katanya di seuasai serah terima jabatan di Mapolda Bangka Belitung, di Pangkalpinang, Rabu.

Menjabat sebagai Kapolres Bangka hanya beberapa tahun, AKBP Aris Sulistyono berhasil mewujudkan 11 program non IT tersebut antara lain, Probinmas yaitu program pembinaan masyarakat siber yang bermanfaat sebagai edukasi bijak dalam bermedsos di masyarakat, kemudia program yanmas "on the spot" yaitu program pelayanan SIM, SKCK perpanjang sim dan pembayaran pajak bermotor setiap "week end" pada ruang publik terbuka dengan suguhan hiburan karaoke dari satbinmas.

Selanjutnya, program kring polisi yaitu program yang publikasi "on air" tentang kamtibmas dan layanan polres bangka, selanjutnya program peduli sesama yaitu program meringankan masyarakat dengan memberi bantuan sepeti baksos sambang kedukaan dan kemanusian serta sosial lainya.

 Dan masih ada program non IT lainya yang terus dilakukan secara terjadwal seperti "police goes to school", sim kite, Jumat religi, natak masjid dan berkat kamtibmas. 

Program non IT tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sehingga tugas polri sebagai pelindung pengayom dan pelayanan masyarakat benar - benar dapat di implementasikan dengan promoter dan humanis.

Selain program non IT ada juga program IT yang langsung di "launching" oleh kapolda Kepulauan Bangka Belitung yaitu aplikasi berbasis web "Lada Bangka" atau layanan aduan aplikasi.

 Aplikasi tersebut memberikan layanan pengaduan secara online dan layanan pembuatan skck secara "on line", diharapkan dengan aplikasi "Lada Bangka" masyarakat akan terbantu terkait dengan kemudahan dan trasparasi serta kecepatan pelayanan Polres Bangka apalagi disaat pandemi COVID-19 saat ini yang membatasi tatap muka dan jaga jarak "sosial distancing".

AKBP Aris Sulistyono dalam kesempatan ini juga menyampaikan mohon diri dan permohonan maaf lahir batin kepada pemerintah Kabupaten Bangka dan masyarakat Kabupaten Bangka apalagi ada kesalahan pribadi  dan kedinasan selama menjabat sebagai kapolres Bangka.

Sebelumnya AKBP Aris Sulistyono juga pernah mendapat amanah jabatan sebagai Kapolres Bangka Selatan yang juga telah diselesaikan dan dilaksanakan dengan baik.

Saya berpesan agar kondusifitas kerukunan dan kedamaian yang sudah  tercipta di Kabupaten Bangka dapat terus dipertahankan dengan baik apalagi disaat pandemi COVID- 19, 

Salam hormat dan persabatan kita jaga terus jalinan silahturahmi. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT senantiasa melindungi kita semua... Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020