Harga daging ayam dan sapi di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, naik menjelang empat hari sebelum Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah.

"Yang kami pantau naik saat ini adalah daging ayam dan sapi kalau komoditi lain seperti bawang putih harganya turun," kata Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Rita Yuliani di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, harga daging ayam di daerah itu naik dari Rp40 ribu menjadi Rp50 ribu per kilogram sedangkan harga daging sapi naik dari Rp140 ribu menjadi Rp150 per kilogram.

Ia menambahkan, kenaikan harga ayam potong disebabkan keterbatasan stok, sehingga Pemerintah Daerah berupaya menekan kenaikan harga ayam dengan menurunkan ayam merah ke pasaran.

"Kalau daging sapi kenaikan memang normal setiap tahun harganya memang seperti ini paling tinggi Rp150 ribu per kilogram," ujarnya.

Rita menambahkan, berdasarkan hasil kesepakatan rapat dengan satgas pangan di daerah itu bahwa Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk daging Sapi adalah Rp150.000 per kilogram dan ayam potong Rp50 ribu per kilogram.

Dirinya meminta pedagang tidak menjual di atas HET yang telah disepakatai tersebut.

"Sedangkan untuk stok daging sapi sejauh ini masih aman dan cukup" katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020