Total kasus positif virus corona baru atau COVID-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencapai 11 kasus setelah adanya penambahan tiga orang yang terkonfirmasi, Selasa.

"Dari hasil uji PCR diketahui terdapat tiga orang terkonfirmasi positif sehingga total pasien COVID-19 di Kabupaten Belitung yang diisolasi sebanyak 11 pasien," kata Bupati Belitung sekaligus ketua gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan.

Menurut dia, pasien positif COVID-19 kesembilan di daerah itu berdasarkan hasil penelusuran diketahui pernah sama-sama melakukan perjalanan ke luar negeri dengan dua pasien positif sebelumnya.

Sedangkan pasien positif kesepuluh diketahui berada dalam satu penerbangan dengan pasien positif COVID-19 sebelumnya yakni dari Jakarta menuju Belitung pada tanggal 16 Mei lalu.

"Kemudian pasien kesebelas diketahui pernah melakukan kontak dengan pasien positif sebelumnya yang bersangkutan juga merupakan keponakan dari pasien positif sebelumnya," ujarnya.

Sampai saat ini gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 RSUD Marsidi Judono Belitung sedang merawat dan mengisolasi enam pasien positif COVID-19 di ruangan isolasi C lantai dua serta mengisolasi dua ODP dengan uji cepat reaktif dan satu pasien PDP di isolasi Gedung B.

Ia mengingatkan bahwa Kabupaten Belitung telah ditetapkan sebagai daerah dengan transmisi lokal COVID-19 sehingga sangat memungkinkan beberapa pasien positif COVID-19 yang ditemukan di Kabupaten Belitung maupun Kabupaten Belitung Timur bersumber dari penularan lokal.

"Tidak hanya dari kasus impor sehingga kita semua harus patuh dan disiplin menjalankan semua protokol kesehatan dalam pencegahan dan penanganan COVID-19," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020