Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pengetatan pengawasan lokasi wisata sebagai upaya mencegah penularan virus corona jenis baru atau COVID-19 di daerah itu.

"Objek wisata mulai ada beberapa yang dikunjungi warga untuk rekreasi bersama keluarga memanfaatkan libur Idul Fitri," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Selasa.

Ia menjelaskan, meskipun saat ini masih dalam suasana hari raya, namun pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan aturan kesehatan yang sudah diterbitkan pemerintah.

Dalam aturan tersebut disebutkan adanya larangan berkumpul di tempat umum dan tetap menggunakan masker saat harus melakukan aktivitas di luar rumah.

"Hari ini kami lakukan patroli di beberapa objek wisata dan tempat umum yang biasa digunakan berkumpul warga, kami temukan sejumlah warga sedang berkumpul di lokasi-lokasi itu," katanya.

Menemukan adanya aktivitas kumpul-kumpul di objek wisata tersebut, personel segera melakukan imbauan sekaligus sosialisasi pentingnya meningkatkan kewaspadaan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Personel melakukan imbauan secara kekeluargaan dan tetap menjaga keramahtamahan kepada para warga yang kebetulan berada di lokasi wisata," katanya.

Para warga tersebut diimbau untuk kembali ke rumah masing-masing dan tetap melakukan pembatasan sosial, jika memang mengharuskan melakukan aktivitas di luar rumah diwajibkan memakai masker.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus, juga untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif.

Selain memberikan imbauan kepada para pengunjung, polisi juga melakukan komunikasi dengan pengelola tempat wisata agar patuh dan menaati imbauan serta anjuran pemerintah untuk sementara menutup usaha.

"Kami sampaikan imbauan ini agar seluruh pengelola usaha wisata dan masyarakat bisa ikut mendukung upaya bersama mencegah dan antisipasi penyebaran virus," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020