Seorang warga Desa Sempan, Pemali, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung, inisial GS (31) terkonfirmasi positif COVID-19, berdasarkan hasil swab dari Dinas Kesehatan provinsi di wilayah itu.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Sabtu mengatakan, GS bekerja disalah satu kapal penambangan sebagai anak buah kapal.

"Sebelum hasil swab yang diketahui positif, SG dinyatakan reaktif dari hasil rapid tes dan sejak itu pula yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri di rumah orang tuannya," jelasnya.

Baca juga: Tim kesehatan COVID-19 Bangka akan swab 68 ABK

Baca juga: Satu pekerja di Pangkalpinang terkonfirmasi positif COVID-19

Dikatakan, GS langsung di karantina di balai diklat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama dengan lima orang yang kontak dengan GS.

"Diduga GS tertular COVID-19 dari transmisi lokal  dan direncanakan akan dilakukan tracking seluruh anak buah kapal tempat GS bekerja," jelasnya.

Dengan terkonfirmasinya GS positif COVID-19, kata Boy Yandra, tercatat jumlah pasien COVID-19 di Kabupaten Bangka sebanyak enam orang terdiri dari tiga orang sudah dinyatakan sembuh dan tiga orang lainnya masih menjalani perawatan di balai diklat provinsi.

"Saya minta peran aktif masyarakat untuk bersama-sama memantuhi aturan protokol kesehatan agar penyebaran COVID-19 segera dapat dilakukan pencegahan," jelasnya.

Dikatakan, tim  gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka bersama relawan telah bekerja maksimal melakukan pencegahan mulai dari memaksimalkan sosialiasi, tracking sampai pada penjemputan pasien.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020