Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar apel bersama guna mempersiapkan normal baru di tengah pandemi COVID-19.

Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Kamis, menjelaskan bahwa apel bersama yang melibatkan seluruh forkopimda daerah itu sebagai upaya memaksimalkan semua kekuatan bersama dengan masyarakat melakukan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kebersamaan dan kerja sama seluruh elemen masyarakat sangat menentukan keberhasilan kehidupan normal baru sehingga mau tidak mau perlu ada penegasan secara hukum harus dilakukan," kata Bupati.

Untuk mencapai tujuan program hidup norma baru di Kabupaten Bangka kata bupati, menurut dia, perlu penerapan penindakan disiplin seperti pemberian sanksi yang melanggaran protokol kesehatan.

Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu padu, berperan aktif, secara nyata untuk menerapkan protokol kesehatan, yakni selalu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menghindari kerumunan serta menjaga jarak.

Penindakan dengan pemberian sanksi bagi yang melakukan pelanggaran, kata dia, setelah menyosialisasikan normal baru ke masyarakat sampai ke tingkat desa selama 14 hari.

"Memakaian masker atau perilaku hidup bersih bukan hanya bersifat sementara. Akan tetapi, diharapkan menjadi kebiasaan masyarakat sehari-hari pada masa depan walaupun sudah tidak ada lagi pandemi COVID-19," kata Bupati.

Bupati mengatakan bahwa normal baru jangan sampai masyarakat menganggap sudah normal seperti sediakala sehingga merasa tidak perlu untuk memakai masker saat keluar rumah.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020