Juru bicara tim gugus tugas COVID-19, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Boy Yandra mengatakan sebanyak 38 dari 57 orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan kesehatan oleh tim medis gugus tugas.

"Tercatat sudah 38 orang pasien positif COVID-19 dari 57 orang pasien dinyatakan sembuh, dan yang bersangkutan sudah diperbolehkan pulang," katanya di Sungailiat, Jumat.

Dikatakan, dengan banyaknya jumlah pasien yang sembuh tersebut menunjukkan tren positif penanganan pasien COVID-19 di daerahnya mencapai 66.6 persen tingkat kesembuhnya.

"Pasien yang dinyatakan sembuh itu masing-masing dari Kecamatan Pemali sebanyak 26 orang terkonfirmasi positif COVID 19 dinyatakan sembuh sebanyak 15 orang," jelasnya.

Kemudian Kecamatan Sungailiat dari 16 pasien positif COVID-19 sebanyak sembilang orang sembuh," jelasnya.

Kemudian dari Kecamatan Belinyu sebanyak sembilan pasien positif COVID-19 dan dinyatakan semuanya sudah sembuh, Kecamatan Merawang dinyatakan sembuh semua dari empat orang pasien positif serta Puding Besar terdapat satu orang pasien positif sudah dinyatakan sembuh.

"Sedangkan satu pasien dari Kecamatan Mendo Barat masih menjalani perawatan kesehatan sambil menunggu hasil swab yang kedua," katanya.

Dikatakan, pihaknya secara masif melakukan pemeriksaan swab maupun test cepat yang mencapai ribuan orang baik dilakukan secara masal di pelayanan puskesmas ataupun di rumah sakit.

"Dengan tindakan masif tersebut segera dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata Boy Yandra.

Dia menegaskan, pihaknya bersama dengan relawan dan pihak terkait lainnya secara rutin melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan termasuk penegakan disiplin kepada pengguna kendaraan umum di jalan raya, warung kopi atau tempat umum lainnya yang banyak dikunjungi warga.

Saya ingatkan masyarakat agar tetap disiplin menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan COVID-19, seperti, mencuci tangan secara rutin dengan sabun, memakai masker saat keluar rumah dan menghindari kerumunan atau menjaga jarak," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020