Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Shabudin menyalurkan bantuan program "Seribu Berkah" sebesar Rp2 juta kepada Yati (51) warga Lingkungan Limbang Jaya, Desa Surya Timur Kecamatan Sungailiat karena menderita sakit paru-paru.

"Bantuan uang tunai sebesar Rp2 juta yang diterima oleh suami ibu Yati diharapkan mampu membantu biaya pengobatan," katanya di Sungailiat, Jumat.

Wabup mengatakan, sakit paru-paru yang diderita Yati terbilang sudah akut serta komplikasi dengan penyakit lainnya, yang bersangkutan harus mendapat perawatan kesehatan yang serius.

"Uang itu meskipun mungkin tidak mencukupi kebutuhan berobat semuanya, namun setidaknya dapat membantu menambah biaya pengobatan dimana suami Yati seorang pekerja kontrak di salah satu instansi pemerintah daerah," jelas wabup.

Program "Seribu Berkah" merupakan kegiatan penggalangan dana sosial dari aparatur sipil negara Kabupaten Bangka sebesar Rp1.000 per hari, program tersebut merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya dimana hanya Rp500 pe rhari.

"Program ini dirasa penting untuk membantu warga kurang mampu yang tengah mengalami sakit, jenis atau jumlah bantuan disesuaikan dengan kemampuan," katanya.

Menurut Wabup, masyarakat yang membutuhkan bantuan program "Seribu Berkah" dapat mengusulkan surat permohonan dari pemerintah desa atau kelurahan setempat ditujukan kepada bupati.

"Sebelum bantuan disalurkan ke penerima, surat permohonan akan diseleksi dengan pertimbangan kondisi ekonomi calon penerima, mengingat jumlah surat permohonan usulan bantuan jumlahnya cukup banyak," katanya.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020