Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Masagus Hakim mengatakan seluruh pasien positif COVID-19 yang ada di kota itu terhitung hari ini sudah dinyatakan sembuh.

"Dari total 33 orang yang dinyatakan positif COVID-19, sampai dengan hari ini 32 orang dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia. Sehingga Pangkalpinang saat ini sudah nol pasien positif COVID-19," katanya di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, Kota Pangkalpinang sudah nol pasien positif COVID-19 setelah dua orang pada hari ini dinyatakan sembuh, yaitu ML (27) laki-laki warga Jalan Usada, Kelurahan keramat, Kecamatan Rangkui dan DW (53) laki-laki warga komplek Timah Bukit Baru Kelurahan Taman Bunga, Kecamatan Gerunggang.

"Keduanya dinyatakan sembuh hari ini berdasarkan hasil swab kedua yang keluar pada 23 Juni yang menyatakan negatif COVID-19," katanya.

Walaupun sudah nol pasien positif COVID-19, pihaknya tetap terus melakukan rapid tes dan swab massal guna memutuskan penyebaran COVID-19 di daerah itu.

"Kemarin kami telah melakukan tes swab di pusat perbelanjaan Ramayana sebanyak 25 orang dan hari ini 16 orang yang terdiri dari karyawan dan pedagang," katanya.

Ia berharap dari tes swab massal yang dilakukan tersebut, tidak ada yang dinyatakan positif sehingga Kota Pangkalpinang kedepannya bisa termasuk zona hijau COVID-19.

Sebelumnya Pemerintah Kota Pangkalpinang menargetkan menjadi daerah zona hijau pada akhir Juni menyusul terus bertambahnya pasien sembuh dari COVID-19.

Untuk menuju zona hijau tersebut, Pemkot Pangkalpinang melakukan segala upaya baik itu melakukan screening dengan cara rapid test massal maupun dengan melakukan tes swab.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020