Indonesian Port Corporation (IPC) atau PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerapkan protokol kesehatan menuju tatanan normal baru di lingkungan kerja.

"Kami sudah siapkan perlengkapan cuci tangan jadi setiap yang ke terminal diarahkan untuk cuci tangan dulu," kata General Manager IPC Cabang Tanjung Pandan, Yossianis Marciano di Tanjung Pandan, Rabu.

Ia menambahkan bagi setiap orang yang beraktivitas di lingkungan pelabuhan diimbau untuk menggunakan masker kecuali para Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang memang bekerja di bawah panas terik matahari.

"Karena buruh pelabuhan kerjanya kasar di bawah panas kalau mereka menggunakan masker bisa pingsan tetapi yang lain kami tetap imbau gunakan masker," ujarnya.

Ia mengatakan para pekerja di pelabuhan juga diminta untuk menjaga jarak aman, menghindari kerumunan atau berkumpul-kumpul dan setiap selesai bekerja wajib mencuci tangan.

"Kami terus mengikuti imbauan dari pemerintah terkait penanganan COVID-19," katanya.

Menurut dia, tatanan normal baru juga diterapkan di terminal penumpang dengan menyediakan fasilitas cuci tangan dan mengatur jarak antre antarpenumpang bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat.

"Termasuk perlengkapan pengadministrasian bagi penumpang yang akan berangkat dan turun di Pelabuhan Tanjung Pandan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020