Kepolisian Resor Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, secara resmi menjadikan Perumahan Bukit Gelase Asri di Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalan Baru sebagai Kampung Tegep Mandiri dalam rangka pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran COViD-19 di daerah itu.

Kabag Ops Polres Pangkalpinang, Kompol Jadiman Sihotang, Rabu, mengatakan Program Kampung Tegep Mandiri bertujuan untuk mempercepat dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 khususnya di wilayah tersebut sekaligus sebagai kampung mandiri dalam meningkatkan swasembada pangan di tengah wabah tersebut.

"Disini apabila ada warga lain ingin berkunjung harus menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran dari Dinas Kesehatan," katanya.

Ia mengatakan, siapapun yang masuk Kampung Tegep Mandiri harus dicek terlebih dulu dan wajib menggunakan masker.

"Mereka warga Perumahan Bukit Gelase Asri selalu siap siaga berjaga di pos kamling untuk menjaga setiap tamu yang datang," ujarnya.

Selain itu kata Dia, untuk ketahanan pangannya warga Perumahan Bukit Gelase Asri RT 22 sudah menyiapkan berbagai kebutuhan pokok dengan cara menanam sayuran ataupun tanaman lainnya.

"Ini mereka lakukan tidak lain adalah untuk mengurangi instensitas warga untuk pergi ke pasar demi mencegah penularan COVUD-19," katanya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini kesejahteraan masyarakat diwilayah tersebut segera terwujud dengan kemandiriannya.

"Mudah-mudahan ini akan menjadi contoh kampung mandiri terutama pada swasembada pangannya maupun dalam hal menjalani protokol kesehatan COVID-19," ujarnya.
 
Sementara Ketua Koordinator Perumahan Bukit Gelase Asri, TriZandi Nugraha menambahkan hadirnya Kampung Tegep mandiri berkat kerjasama dan kekompakan warga di perumahan itu yang sebelumnya sudah berjalan sejak belum adanya pandemi COVID-19.

Untuk fasilitas dalam pencegahan penyebaran COVID-19, pihaknya sudah menyiapkan berbagai macam fasilitas baik itu pos keamanan maupun pos kesehatan dan pusat informasi COVID-19.

Selain itu dari segi ketahanan swasembada pangan, pihaknya sudah menjalankan program perkebunan.

"Alhamdulillah berkat kerjasama yang dijalankan secara ikhlas melalui dana anggaran swasembada masyarakat, kegiatan ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020