Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan melakukan tes cepat (rapid test) seluruh mahasiswa asal daerah itu yang akan kembali mengikuti perkuliahan di luar Pulau Belitung.

"Tes cepat itu sebagai syarat bagi mereka untuk bisa melakukan perjalanan keluar Pulau Belitung, maka pemerintah yang akan memfasilitasi," kata Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin di Manggar, Sabtu.

Pemkab Beltung Timur akan mendata semua mahasiswa yang akan kembali ke kampus masing-masing untuk mengikuti perkuliahan.

"Jika sudah didata, maka kapan saja mereka ingin tes cepat, silahkan menghubungi Tim Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19," ujarnya.

Pemkab Belitung Timur juga akan berkoordinasi dengan Klinik Bakti Timah Tanjung Pandan untuk membahas prosedur tes cepat sesuai dengan persyaratan maskapai yang ada.

“Untuk tes cepat, kita akan berkoordinasi dengan Klinik Bakti Timah Tanjung Pandan. Kita sudah berbicara dengan mereka jadi untuk membantu mahasiswa karena surat keterangan yang sesuai standar penerbangan harus dari rumah sakit,” ujarnya.

Ia mengatakan, hasil tes cepat bagi kalangan mahasiswa menjadi prioritas karena diperlukan untuk persyaratan perjalanan mereka menuju daerah tujuan kuliah.

"Ini segera kita urus, jangan sampai jadi kendala bagi mahasiswa karena ini untuk kepentingan pendidikan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020