Jumlah penerima bantuan sembako tahap kedua dampak pandemi COVID-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai 10.260 kepala keluarga.

Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya di Tanjung Pandan, Senin, mengatakan, penambahan jumlah penerima bantuan dari jumlah sebelumnya yakni 9.561 KK menjadi 10.260 kk tersebut berdasarkan hasil evaluasi dan verifikasi data penerima.

"Ada perubahan penambahan jumlah penerima karena ada perbaikan data," katanya.

Menurut dia, bantuan dampak pandemi virus corona baru atau COVID-19 dalam bentuk bahan kebutuhan pokok akan mulai didistribusikan ke masing-masing desa di Belitung mulai Senin (29/6).

"Jadi bantuan mulai didistribusikan oleh BPBD Belitung pada hari ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, jumlah penerima bantuan di sektor tenaga kerja sebanyak 474 penerima, sektor pariwisata sebanyak 548 penerima, sektor perikanan sebanyak 4.029 penerima, sektor pertanian sebanyak 2.221 dan sektor UMKM sebanyak 2.988 penerima.

Bantuan tahap kedua yang disalurkan tersebut dipastikan akan sama dengan bantuan tahap sebelumnya yakni dengan nilai Rp250 ribu kemudian dikonversikan dalam bentuk sembako yang bersumber dari pergeseran APBD Tahun 2020.

"Cuma terigu yang akan kami ganti dengan mie instan. Pertimbangan memilih terigu kemarin karena menjelang Lebaran, kalau sekarang Lebaran sudah selesai," katanya.

Sedangkan, bantuan tahap ketiga pandemi COVID-19 di daerah itu akan disalurkan dalam waktu dekat.

"Penyaluran tahap tiga akan lebih cepat lagi yang pasti datanya berubah lagi," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020