Pangkalpinang (Antara Babel) - Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Didit Srigusjaya mengatakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bangka Belitung ke-14 merupakan momentum untuk melakukan introspeksi dan perenungan terhadap pelaksanaan agenda pembangunan daerah.

"Peringatan hari jadi pada hakikatnya merupakan ungkapan rasa syukur kita selaku masyarakat Bangka Belitung dan momentum untuk melakukan introspeksi terhadap pelaksanaan pembangunan daerah," ujarnya pada sidang paripurna istimewa DPRD setempat dalam rangka peringatan HUT Provinsi Babel ke-14 di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, perayaan hari jadi juga merupakan wahana untuk memberikan apresiasi kepada para pelaku pembangunan yang telah berprestasi di berbagai bidang.

"Peringatan hari jadi juga harus mampu menggelorakan semangat masyarakat Bangka Belitung untuk mengambil peran strategis dalam pembangunan melalui semangat kepeloporan, keteladanan, bermental juara serta memiliki kepedulian tinggi dalam menjaga alam dan lingkungan," katanya.

Menurut dia, momentum hari jadi juga menjadi langkah strategis untuk melihat sejauh mana pembangunan yang sudah dilaksanakan dalam kurun waktu 14 tahun. Keberhasilan program pembangunan yang dicapai harus dilanjutkan dan terus ditingkatkan.

"Hal ini juga tidak menjadi tanggung jawab pemerintah dan DPRD saja, namun seluruh komponen untuk melakukan evaluasi sejauh mana keberhasilan program pembangunan. Sikap ini akan menumbuhkan rasa cinta dan peduli kita kepada negeri ini, agar lebih baik di masa-masa mendatang," katanya.

Ia menambahkan, perayaan HUT Provinsi Babel bukanlah sebuah proses seremonial yang rutin dilakukan dari tahu ke tahun, namun merupakan energi positif untuk mendorong performa dan kinerja terbaik dalam penyelenggaran pemerintahan yang baik.

"Usia 14 tahun dalam laju ruang dan waktu menandakan pertambahan usia yang mencapai taraf kedewasaan. Pada tahap ini, mulai ada tanda-tanda penyempurnaan seperti tercapainya identitas diri serta ke arah mana provinsi ini akan dibawa. Kontrol positif dari semua pihak diperlukan sehingga pelaksanaan pembangunan dapat tercapai," katanya.

Perayaan hari jadi Provinsi Bangka Belitung ke-14 pada 2014 yang digelar Pemerintah Provinsi Bangka Belitung berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini perayaan hari jadi digelar di dua pulau yakni di Pulau Bangka dan Pulau Belitung.

Sidang paripurna dan pameran digelar di Pulau Bangka, sementara malam perayaan digelar di Pulau Belitung.

Pewarta: Oleh: Leo Oktaviano

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014