Tanjungpandan (Antara Babel) - Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Rustam Effendi, berjanji akan memperjuangkan pendirian Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Bangka Belitung, yang diinginkan masyarakat.

"Saya siap memperjuangkan pendirian Fakultas Kelautan dan Perikanan bersama DPRD. Untuk itu, saya meminta pemerintah kabupaten segera mengurus lahan," ujarnya dalam malam resepsi perayaan HUT Provinsi Babel, di Tanjung Pandan, Sabtu.

Ia mengatakan, pendirian fakultas sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia di Pulau Belitung. Secara geografis, fakultas tersebut dinilai tepat karena Pulau Belitung memiliki kekayaan laut yang berlimpah.

"Saya yakin DPRD memiliki niat yang sama untuk membangun. Pemerintah kabupaten harus cepat mengurus status tanah. Karena hingga detik ini, belum ada satu lembar surat mengenai lahan yang tersedia untuk pendirian fakultas. Kalau sudah ada, saya akan memperjuangkan," katanya.

Usulan pembangunan Fakultas Kelautan dan Perikanan di Pulau Belitung, dilontarkan Bupati Belitung, Sahani Saleh, saat memberikan sambutan di malam resepsi perayaan HUT Babel.

"Dalam deklarasi Tanjung Kelayang, saat perjuangan pembentukan provinsi, meski tidak tersurat namun tersirat jika Bangka memiliki universitas negeri maka di Belitung dibangun fakultas kelautan dan perikanan," katanya.

Pewarta: Oleh: Leo Oktaviano

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014