Jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertambah satu orang dan hingga sekarang tercatat sebanyak enam warga yang terserang virus corona baru itu.

"Dalam dua minggu ini terjadi penambahan kasus COVID-19, hingga sekarang sudah terkonfirmasi enam warga positif terpapar virus corona baru itu," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Bangka Tengah, dr Bahrun R Siregar di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, secara keseluruhan tercatat 14 kasus COVID-19 dengan rincian sebanyak delapan orang dinyatakan sembuh dan enam pasien masih dalam perawatan.

"Enam warga yang terpapar virus COVID-19 itu dengan rincian tiga dari Kecamatan Namang, satu dari Simpangkatis, satu kasus dari Kecamatan Koba dan yang terbaru bertambah satu kasus lagi dari Kecamatan Lubuk Besar," jelasnya.

Baca juga: Tiga kecamatan di Bangka Tengah masuk zona merah COVID-19

Ia mengataka, berdasarkan pemetaan maka titik rawan penyebaran virus terdapat pada empat dari enam kecamatan yang ada di daerah itu.

"Hanya dua kecamatan yang hingga sekarang masih zona hijau atau belum ditemukan kasus yaitu Kecamatan Pangkalanbaru dan Kecamatan Sungaiselan," ujarnya.

Dengan kondisi demikian, kata dia, terjadi peningkatan penyebaran virus dalam dua minggu terakhir namun penanganan kesehatan menunjukka  grafik lebih baik.

"Rata-rata warga yang terserang virus corona baru itu adalah mereka yang memiliki riwayat perjalanan luar daerah dengan status orang tanpa gejala (OTG)," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020