Pangkalpinang (Antara Babel) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0413/Bangka membina mental dan kepribadian siswa SMA, MA dan SMK Kota itu guna meningkatkan semangat siswa yang memiliki jiwa patriotisme, nasionalisme, wawasan kebangsaan serta berkarakter.

"Kegiatan pembinaan mental dan kepribadian siswa ini rutin kami lakukan setiap tahun dan akan dilaksanakan selama tiga hari mulai 25 hingga 27 November. Pembinaan wawasan dan bela negara ini hanya ditujukan kepada siswa SMA, MA dan SMK Kota Pangkalpinang," ujar Komandan Kodim 0413/Bangka Letkol Inf Utten Simbolon, Selasa.

Ia mengatakan, pembinaan karakter dan bela negara itu bertujuan untuk membentuk kader yang memiliki sikap prilaku yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur dan tangguh.

"Mereka juga diharapkan menjadi kader yang memiliki kesadaran bela negara yang berkemampuan, berketrampilan serta berkualifikasi instruktur sebagai teladan dan penguat moral bagi peserta didik dan lingkungannya," jelasnya.

Ia menyebutkan, yang menjadi peserta kegiatan tersebut sebanyak 300 orang siswa dari seluruh SMA, MA dan SMK Kota Pangkalpinang. Mereka nantinya akan mendapatkan latihan di bidang pengembangan pribadi, pengetahuan dan ketrampilan, jasmani dan kesehatan serta bidang penguasaan materi.

"Para peserta kegiatan ini nantinya akan diberikan pengetahuan dalam bentuk teori yakni pendidikan dan praktek yakni dalam bentuk pelatihan-pelatihan," ujarnya.

Ia mengatakan, para peserta kegiatan nantinya akan dilatih dan dibimbing oleh tujuh orang penyelenggara, 10 orang pelatih dan 13 orang pendukung.

Lebih lanjut kata Dia, ara peserta kegiatan itu akan mendapatkan materi pelatihan berupa PBB, tata cara sipil, kepemimpinan, wawasan kebangsaan, psikologi lapangan, bela negara, pemuda dalam menghadapi 'proxy war', karakter kebangsaan dan outbod.    
    
"Kami harap kegiatan pelatihan ini benar-benar bisa berdampak baik bagi para peserta. Para peserta kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi contoh bagi anak-anak sekolah yang tidak mengikuti kegiatan ini," katanya.

Pewarta: Oleh: Try Mustika Hardi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014