MUI Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta pemotongan atau penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran COVID-19.

"Saya anjurkan penyembelih hewan kurban pada perayaan Idul Adha, menerapkan protokol kesehatan agar terjaga kesehatan masyarakat," kata Ketua MUI Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syaiful Zohri di Sungailiat, Rabu.

Dia menyarankan penyembelihan hewan kurban tetap memperhatikan standar kebersihan, termasuk pisau yang dipergunakan untuk menyembelih hewan benar-benar tajam dan bersih.

"Upayakan memakai sarung tangan, begitu juga saat pendistribusian daging ke warga untuk menghindari kerumunan atau banyak orang," katanya.

Menurutnya, daging hewan kurban sebelum dibagikan ke warga dipastikan dalam kondisi bersih dan hewan yang disembelih pun dalam kondisi sehat, daging hendaknya jangan dipegang oleh banyak orang.

Syaiful Zohri mengajak umat Islam yang sudah mampu agar menunaikan ibadah kurban guna meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Hewan kurban dapat langsung diserahkan ke tempat panitia penyembelihan atau dititipkan karena pertimbangan pandemi COVID-19," jelasnya.

Aturan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi COVID-19 dari MUI sesuai edaran dari Kementerian Agama, kata dia, akan segera dikirim ke panitia kurban agar dapat dijalankan.








 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020