Muntok (Antara Babel) - Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung akan menambah dua lokasi "hot spot" atau jaringan internet nirkabel gratis di daerah itu.

"Lokasi sudah kami sepakati yaitu di Terminal Kelapa dan Museum Timah Muntok. Kami harapkan layanan ini dapat dimanfaatkan masyarakat secara bijak untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan," ujar Kepala Bidang Informatika Dinas Hubparbudinfo Kabupaten Bangka Barat, Henry Een Firsanto di Muntok, Minggu.

Ia mengatakan dalam dua minggu terakhir pihaknya bersama petugas Diskominfo Provinsi Babel telah melakukan peninjauan ke lapangan untuk mengetahui langsung lokasi mana saja yang layak diberi fasilitas hot spot.

"Ada beberapa lokasi lain yang menjadi alternatif awal, seperti Pelabuhan Tanjung Kalian, Terminal Muntok, sekitar Pasar Parittiga dan Kecamatan Tempilang, namun pada akhirnya kami menentukan Terminal Kelapa dan Museum Timah Muntok karena berbagai pertimbangan," kata dia.

Menurut dia, dua lokasi tersebut memang layak untuk ditempatkan fasilitas hot spot karena banyak warga yang sering datang ke lokasi itu.

Untuk Terminal Kelapa lokasinya juga cukup dekat dengan sekolah sehingga para siswa sekolah tersebut juga bisa memanfaatkan layanan internet gratis tersebut.

"Sementara untuk Museum Timah Muntok cukup layak agar pengunjung bisa leluasa mendapatkan fasilitas tersebut sekaligus diharapkan area hot spot bisa meningkatkan jumlah pengunjung museum," kata dia.

Ia mengatakan, instalasi hot spot bantuan dari Pemprov Babel tersebut akan segera dipasang dalam waktu dekat dan diharapkan bisa segera diopertasikan.

"Kami harapkan fasilitas ini bisa menambah kemajuan masyarakat, baik dalam bidang usaha maupun pendidikan, untuk itu kami berpesan agar seluruh pihak ikut menjaga fasilitas umum tersebut agar tetap awet dan bisa termanfaatkan untuk kemajuan bersama," kata dia.

Dia menambahkan, pada 2015 pihaknya akan mencoba untuk menambah area hot spot di beberapa lokasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dari laringan internet yang tersambung ke seluruh dunia.

"Kami juga sedang menjajaki PT Telkom cabang Babel untuk mendaatkan bantuan kepedulian sosial perusahaan tersebut," katanya.

Pewarta: Oleh: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014