Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) mengedukasi warga tentang situasi adaptasi kebiasaan baru dalam menyikapi pandemi COVID-19.

"Peran aktif kalangan mahasiswa sangat dibutuhkan dalam memberikan pemahaman dan mengajak warga terbiasa dengan kondisi normal baru," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dari UBB, Zulyan, di Koba, Jumat.

Ia mengatakan hal itu saat mendampingi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa tingkat akhir untuk angkatan 15 di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah.

"KKN yang diikuti sebanyak 15 mahasiswa tingkat akhir itu lebih kami tekankan kepada sosialisasi dan edukasi terkait situasi penormalan baru," ujarnya.

Ia menjelaskan di antara edukasi yang dilakukan mahasiswa KKN tersebut adalah menggelar seminar dengan tema "Antisipasi Virus Corona dalam Suasana Penormalan Baru".

"Kehadiran mahasiswa melaksanakan KKN selama satu bulan lebih di Desa Batu Beriga tentu diharapkan bisa mengubah sikap dan perilaku warga dalam menghadapi virus corona baru itu," ujarnya.

Menurut dia, selama ini masyarakat kurang mendapatkan edukasi tentang pola hidup yang benar pada adaptasi kebiasaan baru sehingga dikhawatirkan memicu terus penularan virus corona tersebut.

"Ini menjadi bagian dari tugas mahasiswa KKN untuk memutus mata rantai penyebaran virus dengan mengajak masyarakat menjaga jarak, menggunakan masker dan pola hidup bersih," ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa UBB bantu sosialisasi tatanan hidup baru di Bangka Barat

Baca juga: Mahasiswa UBB gelar kegiatan pengabdian masyarakat

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020