Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan sebanyak 30 ekor sapi untuk kurban dalam rangka merayakan Idul Adha 1441 Hijriah.

"Alhamdulillah saat ini pemkot telah mengumpulkan 26 ekor sapi, di mana 20 ekor sapi merupakan bantuan teman-teman dari Jakarta khusus untuk pemkot. Insya Allah target kita minimal 30 ekor sapi untuk kurban nanti," kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, Jumat.

Dikatakannya, puluhan ekor sapi kurban tersebut rencanya untuk diserahkan ke pengurus masjid dan kelompok masyarakat yang membutuhkan.

"Untuk pelaksanaannya nanti akan mengikuti cara yang dianjurkan oleh Kemenag atau MUI. Kita akan lakukan pemotongan sapi kurbannya di halaman samping rumah dinas dan akan kita bagikan setiap kecamatan serta masjid-masjid yang ada di Kota Pangkalpinang," katanya.

Selain itu kata Dia, Pemkot Pangkalpinang juga akan melaksanakan Sholat Idul Adha di Alun-Alun Taman Merdeka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

"Bagi seluruh masyarakat Pangkalpinang mari kita melakukan Sholat Ied bersama-sama nanti. Untuk shaf sholatnya nanti kita atur sesuai dengan protokol kesehatan, yaitu berjarak satu meter. Untuk pelaksanaannya juga singkat padat, tidak terlalu lama," katanya.

Ia berharap rantai penyebaran COVID-19 dapat terputus di Kota Pangkalpinang dan Ia menargetkan akhir bulan ini Pangkalpinang akan menjadi Zona Hijau, sehingga dapat memberikan kondusifitas yang nyaman bagi masyarakat untuk beraktivitas.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020