Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau para wisatawan yang berkunjung di sejumlah pantai mewaspadai kemungkinan terjadinya gelombang tinggi secara mendadak.

"Cuaca masih belum stabil dan sering terjadi perubahan secara mendadak, kami mengimbau para wisatawan yang sedang berekreasi di pantai untuk selalu waspada guna mengantisipasi terjadinya kemungkinan kecelakaan laut," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Minggu.

Guna meningkatkan kewaspadaan para pengunjung pantai di daerah itu, pihaknya menugaskan para personel untuk melakukan patroli dan pengawasan di sejumlah pantai yang selama ini banyak dikunjungi wisatawan.

"Kami perintahkan personel untuk selalu melakukan pemantauan, sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar bisa berwisata dengan tenang dan aman," katanya.

Salah satu pengawasan yang dilakukan personel Polsek Jebus adalah di salah satu pantai yang dalam beberapa waktu terakhir terjadi lonjakan pengunjung, yaitu di Pantai Jerangkat yang berlokasi di Kecamatan Jebus.

Dalam kegiatan yang dipimpin langsung Kapolsek Jebus AKP Muhammad Saleh tersebut, personel tidak hanya melakukan pengawasan, namun juga memberikan sosialisasi dan pendekatan dengan para pengunjung agar merasa aman dan nyaman.

"Kehadiran polisi di tengah masyarakat tersebut kami harapkan bisa memberi rasa aman dan tertib sehingga mereka bisa berwisata dengan nyaman," ujar Kapolsek Jebus AKP M. Saleh.

Selain itu, kata dia, para warga yang tinggal di lokasi wisata tersebut diimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar para pengunjung semakin betah berlama-lama di lokasi itu.

"Menjelang Idul Adha, biasanya jumlah pengunjung semakin meningkat hingga beberapa hari setelah hari raya, kami berharap warga ikut membantu menciptakan situasi aman dan nyaman di lokasi tersebut," ujarnya.

Selain menjaga keamanan dan ketertiban, diharapkan warga juga selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan guna mendukung upaya bersama memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Tetap perhatikan protokol kesehatan agar tidak ada lagi penyebaran virus, awasi juga anak-anak saat mandi di pantai karena cuaca sering berubah mendadak," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020