Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, segera menggelar latihan sistem pengamanan kota (sispamkota) sebagai persiapan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

"Dalam waktu dekat kami gelar simulasi itu untuk mematangkan berbagai persiapan yang sedang kami laksanakan untuk ikut menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2020," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Senin.

Menurut dia, pelaksanaan simulasi sispamkota perlu dilaksanakan agar seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkada 2020 semakin memahami fungsi, peran dan kemungkinan tindakan yang akan dilakukan jika terjadi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Meskipun kita bersama-sama tidak menghendaki adanya ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, namun sebagai antisipasi tetap akan digelar simulasi agar persiapan semakin matang," katanya.

Ia mengatakan, melalui simulasi dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang akan terjadi diharapkan seluruh personel mengetahui peran masing-masing saat menjalankan tugas.

Menurut dia, pelaksanaan persiapan akan dilakukan sesering mungkin untuk pembentukan kesiapan personel yang akan bertugas sewaktu-waktu.

Ia mengimbau seluruh personel yang terlibat selalu mengikuti latihan dengan sungguh-sungguh agar siap siaga saat dibutuhkan.

"Latihan sispamkota harus dilaksanakan sungguh-sungguh supaya kita dapat melaksanakan tugas pengamanan seluruh rangkaian tahapan Pilkada 2020 dengan baik agar masyarakat dapat hidup aman, tertib, dan nyaman sehingga tetap produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020