Wakil Bupati Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Burhanuddin, mengingatkan pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Saya ingatkan kepada warga yang mengikuti isolasi mandiri patuhi protokol kesehatan, jika tidak dipatuhi akan kami isolasi khusus," kata Burhanuddin di Manggar, Selasa.

Hal itu dikatakannya menyikapi adanya keluhan warga bahwa seorang pasien positif virus corona yang diisolasi masih berada di luar rumah.

"Tentu saja ini menimbulkan keresahan warga maka kami awasi itu, jika tidak mematuhi kami karantina saja biar warga bisa tenang," ujarnya.

Ia mengatakan, meski dalam aturan baru Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Revisi ke-5 diatur bahwa pasien bisa diisolasi di rumah sendiri, namun jika pasien COVID-19 melanggar aturan bisa saja ditempatkan di lokasi khusus yang diawasi ketat oleh pemerintah.

"Kami minta kepada masyarakat yang diisolasi seperti yang ada di Kota Manggar ini untuk mematuhi. Nanti kami siapkan tempat khusus untuk mereka yang tidak patuh," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini terdapat sebanyak sembilan warga yang dibolehkan mengikuti isolasi mandiri kendati terpapar virus corona jenis baru itu.

"Isolasi mandiri terhadap sembilan warga itu karena mereka tidak memiliki gejala sakit," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020