Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan sebanyak delapan ekor sapi dan dua ekor kambing untuk dikurbankan pada perayaan Idul Adha 1441 Hijriah.

"Pada rangkaian kegiatan Idul Adha di tengah pandemi COVID-19 ini , kami tetap mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku guna mencegah penyebaran atau penularan virus tersebut," kata Kasubbag Sosial Bagian Sosial Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat, Agus Sunawan di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan, delapan ekor sapi dan dua ekor kambing yang sudah disiapkan untuk dipotong bersama tersebut merupakan sumbangan dari para pejabat di lingkungan Pemkab setempat.

Perayaan Idul Adha 1441 Hijriah yang diselenggarakan Pemkab Bangka Barat akan dilaksanakan pada Jumat (31/7) mulai pukul 07.00 WIB di Masjid Agung Baiturridha Mentok dengan Imam Ustad Ahmad Sholeh dan bertindak sebagai khotib Ustad Muhlisin Malik.

Setelah pelaksanaan shalat Idul Adha dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban dan daging yang terkumpul akan dibagikan kepada warga di sekitar Masjid.

"Untuk Jumat, panitia akan memotong satu ekor sapi dan satu ekor kambing untuk dibagikan warga yang bertempat tinggal di sekitar Masjid, selanjutnya pada Sabtu akan memotong tujuh ekor sapi yang berasal dari bupati satu ekor, para ASN empat ekor dan dua ekor bantuan dari PT Timah Tbk," katanya.

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban di hari Sabtu (1/8) akan dilaksanakan di kawasan parkir barat Kantor Bupati Bangka Barat, dimulai pukul 07.00 WIB dan langsung dibagikan kepada para tenaga kebersihan, PHL, pasukan kuning BLHD dan sopir di lingkungan pemkab," katanya.

Ia mengatakan, mekanisme pembagian daging kurban kepada para penerima sudah disampaikan melalui Organisasi Perangkat Daerah masing-masing dengan menggunakan kupon.

Selain penerima di lingkungan pemkab, panitia juga akan menyalurkan daging tersebut kepada warga yang tinggal di sekitar Komplek Perkantoran Pemkab Bangka Barat, meliputi Dusun V Dayabaru dan Dusun VI Paitjaya, Belolaut.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur umat Islam di Kabupaten Bangka Barat dimana di tengah pandemi masih diberikan kesempatan menyambut dan merayakan Idul Adha 1441 Hijriah.

"Kami berharap pandemi segera berakhir dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa dengan peradaban baru, kebiasaan baru dan kehidupan yang baru," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020