PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan inspeksi mendadak stok liquefied petroleum gas (LPG), guna memastikan persediaan gas cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah.

"Hari ini kita bersama pemprov sidak ketersediaan gas elpiji subsidi dan non subsidi di sejumlah SPBE, pangkalan dan distributor di Pulau Bangka," kata Region Manager Communication, Relations dan CSR Sumatera Bagian Selatan, Rifky Rakhman Yusuf di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan sidak ini mengingat konsumsi LPG rumah tangga subsidi mengalami kenaikan sebesar 5,9 persen dari konsumsi normal harian. LPG nonsubsidi juga mengalami kenaikan 0,2 persen.

Baca juga: Konsumsi BBM masyarakat Babel turun jelang Idul Adha

Sementara itu, LPG untuk sektor nonrumah tangga masih terus mengalami penurunan sekitar 30 persen jika dibandingkan kondisi normal biasanya, sebagai dampak pendemi COVID-19.

"Kami terus memantau kondisi stok LPG ini di lapangan serta menyiapkan proyeksi kebutuhan masyarakat. Jangan sampai masyarakat kesulitan mendapatkan gas ini untuk memasak berbagai makanan menyambut hari raya qurban nanti," ujarnya.

Menurut dia jika masih diperlukan, maka penyaluran LPG akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan, untuk produk subsidi dan penugasan tentunya akan disesuaikan dengan kuota yang sudah ditentukan pemerintah.

"Alhamdulillah, rata-rata ketahanan stok energi di wilayah Sumbagsel cukup aman," katanya.

Ia berharap masyarakat jika memerlukan informasi lebih lanjut, maka bisa menghubungi Call Center 135, dan kami siap membantu.

"Bagi umat muslim, kami ucapkan Selamat Merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H, semoga hewan kurbannya bisa membantu sesama dan mendapat pahala berlipat apalagi di masa pandemi seperti ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020