Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengerahkan sebanyak 109 personel untuk mengamankan pelaksanaan kegiatan dalam rangka Idul Adha 1441 Hijriah di wilayah hukum setempat.

"Sebanyak 109 personel polres dan polsek jajaran itu kami kerahkan untuk pengamanan Idul Adha. Kami berharap masyarakat proaktif dalam membantu pengamanan agar pelaksanaan Idul Adha berjalan aman, tertib, dan lancar," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Kamis.

Menurut dia, para personel yang disiapkan sebelumnya telah menjalani pembekalan terkait pola pengamanan dan pemantauan aktivitas masyarakat dalam merayakan Idul Adha.

"Mereka kami tugaskan menyebar dan berbaur langsung di tengah masyarakat untuk menciptakan situasi kondusif sehingga warga bisa menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman," ujarnya.

Ia mengatakan, pengamanan tidak hanya pada pelaksanaan shalat Idul Adha di sejumlah masjid di daerah itu, tetapi juga pencegahan dan imbauan agar warga tidak melaksanakan takbir keliling.

Ia mengimbau warga tidak menggelar takbir keliling guna mendukung upaya bersama pencegahan penularan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di daerah itu.

"Kegiatan takbiran keliling hendaknya tidak digelar, laksanakan takbir di masjid lingkungan masing-masing," ujarnya.

Untuk meningkatkan kesadaran tersebut, pihaknya sudah menugaskan para personel Bhabinkamtibmas dan polsek jajaran melakukan sosialisasi di lingkungan masing-masing.

"Tidak adanya takbir keliling pada hari raya kali ini akan sangat mendukung upaya bersama memutus mata rantai penularan COVID-19," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020